Tuesday, August 2, 2016

Simulasi digital Bentuk Komunikasi Daring Sinkron


Bentuk Komunikasi Daring Sinkron 

Komunikasi serempak atau sinkron adalah penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama melalui bantuan perangkat lunak. Salah satu contoh dari komunikasi langsung adalah text chat, video chat, video conference, dll. Layanan  text  chat  memungkinkan  pengguna  untuk  berkomunikasi menggunakan  text  dengan  pengguna  lainnya.  Perbedaan  mendasar antara text chat dengan e-mail adalah sifat text chat yang merupakan komunikasi sinkron, memastikan pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lainnya sedang daring (online). Contoh layanan text chat antara lain gtalk, yahoo messenger, facebook chat, dll. Terdapat juga layanan text chat yang berbasis perangkat genggam seperti whatsapp, line, kakao talk, dll      




                                          Gambar Contoh Layanan Textchat




Berbeda dengan layanan text chat, layanan video chat, disebut juga video call  atau  video  phone,memungkinkan  pengguna  untuk  berkomunikasi antarpribadi  1 ke  1, dengan menghadirkan mitra bicara dalam bentuk visual dengan suara ke hadapan pengguna. Pada umumnya, video chat harus  dilaksanakan  secara  sinkron,  di  mana  pengguna  dan  mitra bicaranya harus ada di depan komputer secara serempak (pada waktu yang bersamaan). Contoh layanan video chat antara lain facebook video call, skype, google+ hangout, facetime, dll.       

                                


Gambar Layanan Video Chat


 Video conference merupakan layanan video chat yang dilakukan secara antarpribadi  antara 3 orang atau  lebih (multipoint)  dengan  beberapa layanan  tambahan  seperti  berbagi  layar,  papan  tulis,  dll.  Beberapa layanan video chat dapat juga digunakan untuk video conference, antara lain skype, google+ hangout,bigbluebutton, Cisco webex, dll. 

                     

                                          Gambar Video Conference

Terdapat berbagai layanan video call dan video conference yang telah tersedia. Beberapa contohnya antara lain: Skype, Bigbluebutton, Cisco Webex, Google+ hangout, Umeetme. Setiap layanan video call dan video conference tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 Google+ Hangout merupakan layanan video chat dan video conference yang bersifat gratis dan memiliki beragam fitur di dalamnya. Fitur-fitur tersebut antara lain: video conference hingga  10 orang, layanan white board,  berbagi  layar,  remote  desktop,  berbagi  video  youtube,  dll. Mempertimbangkan berbagai layanan tersebut, dalam buku ini Kita akan menggunakan Google+ Hangout untuk melakukan komunikasi sinkron.  

 

No comments:

Post a Comment