Monday, August 1, 2016

Simulasi digital Jenis Komunikasi



Jenis Komunikasi
  
 Kita mengenal 2 (dua) jenis atau kategori komunikasi. 
  1. Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan kata-kata, baik hal itu diucapkan, maupun ditulisan 
  2. Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat  (gesture), atau gambar.
Berbekal pengetahuan jenis atau kategori komunikasi tersebut,  dapat dikatakan bahwa komunikasi adalah perbuatan mentransfer pesan atau informasi dari satu tempat ke tempat lain, baik secara verbal atau lisan (menggunakan suara), tertulis (menggunakan barang cetak atau media digital seperti buku, majalah, laman, atau surel), maupun secara nirkata atau nonverbal  (menggunakan bahasa tubuh, gerak isyarat  (gesture), serta tekanan atau tinggi nada suara. 
 
Kemampuan  seseorang  berkomunikasi  diukur  dari  seberapa  akurat informasi atau pesan yang dikirim oleh komunikator (pengirim informasi) dapat diterima oleh komunikan (penerima informasi) dan sebaliknya. Hal tersebut juga menjadi ukuran seberapa mahir kita berkomunikasi.  
 
Mengasah  dan  mengembangkan  kemahiran  berkomunikasi  dalam kehidupan  keseharian  adalah  penting,   karena  dapat  membantu keseluruhan  aspek  perikehidupan  kita,  baik  dalam  kehidupan  sosial maupun kehidupan profesional. Kemampuan mengomunikasikan pesan atau informasi secara jelas, akurat, seperti yang dimaksudkan di atas adalah kecakapan hidup yang sangat vital dan tak dapat diabaikan. Jika Anda merasa belum memilikinya, jangan berkecil hati. Tak ada istilah terlambat untuk meningkatkan kemampuan Anda berkomunikasi, karena hal tersebut akan meningkatkan kualitas hidup Anda. 
 
Contoh sederhana adalah  ketika  Anda  melamar pekerjaan.  Saat  itu  Anda  sudah  harus menunjukkan kemahiran Anda berkomunikasi. Mulai dari berbicara secara jelas, akurat, tegas, tetapi tetap menjaga sopan santun, menatap mata pewawancara. Satu hal lagi, latih dan biasakan menyimak (listen) dengancermat, tidak sekadar mendengarkan (hear), dan menjawab pertanyaan secara cekatan dan cerdas. Tidak tergesa-gesaatau terburu-buru. Pikirkan terlebih dahulu sebelum Anda mengatakan. Hal-hal itulah yang biasanya dituntut pemberi kerja dari seorang pencari kerja.






No comments:

Post a Comment