Wednesday, August 3, 2016

Simulasi Digital komunikasi dalam jaringan asinkron (part 9)


Kegiatan  Belajar   8:  Menerapkan  pengetahuan  pengelolaan  informasi
                                    digital  melalui  penerapan  pengetahuan  komunikasi
                                        dalam jaringan asinkron 


Bentuk Komunikasi Daring Asinkron: e-mail 
 
Komunikasi  daring  tak  serempak  atau  komunikasi  asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan jaringan Internet yang dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website.Di dalam buku ini, hanya  akan  dibahas  penggunaan  e-mail  sebagai  salah  satu  bentuk komunikasi asinkron. Alamat e-mail merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring mensyaratkan kepemilikan email untuk dapat mengakses layanan tersebut.  
 
E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik disingkat surel. Lebih khusus, e-mail adalah cara pengiriman data, file teks, foto digital, file audio, dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan Internet. Kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa.

  • E-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat 
  • E-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital 
  • Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet  Dari segi layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar  
  • e-mail gratis adalah kegiatan surat menyurat melalui jaringan Internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Padaumumnya biaya yang diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan   surat   elektronik   ke   telepon   genggam,   kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Contoh E-mail Gratis adalah : Yahoo! mail, Gmail , Livemail, Hotmail, dll. 
  • E-mail  berbayar  adalah  kegiatan  surat-menyurat  melalui  jaringan  Internet  yang dikenai biaya tambahan. Anda diwajibkan membayar  untuk berlangganan e-mail dengan layanan yang tidak didapatkan pada e-mail gratis. Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan   tambahan,  antara   lain:   tambahan   kapasitas   e-mail  perlindungan  terhadap  virus,  bebas  iklan,  dan  berbagai  layanan tambahan lainnya. Salah satu penyedia layanan email tidak berbayar adalah Gmail. Gmail merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google. Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Gmail.  
  • Mempunyai kapasitas penampungan e-mail yang besar
Forwarding adalah fasilitas untuk meneruskan e-mail yang masuk ke Gmail ke e-mail lain secara otomatis. Secara terus-menerus kapasitas penampungan tersebut selalu ditambah.
  • Mempunyai  fasilitas  pencarian (search)  untuk  membantu  proses pencarian  
  • E-mailtertentu dalam penampungan e-mail Anda.  
  • Mendapatkan akses perangkat lunak Google lainnya, antara lain:
     
Google Drive  
Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk membuka lampiran  dokumen secara langsung tanpa mengunduh terlebih dahulu.
 
 Google Talk 
Memungkinkan  sesama  pengguna  Gmail  untuk  berkomunikasi secara sinkron. 
 
Google Calendar 
Memungkinkan Anda untuk mengagendakan berbagai kegiatan. ·  Mendapatkan layanan POP dan Forwarding POP (Post Office ProTOCol) adalah layanan untuk mengunduh e-mail dari  Gmail ke komputer pribadi sehingga dapat Anda baca secara luring (offline). 
 
Untuk materi pembelajaran ke 8 silahkan download selengkapnya disini!

No comments:

Post a Comment